f

Open Suse Live USB

Open Suse Live USB adalah distro linux yang bisa dijalankan langsung dari USB flash disk kita sobat. Truzzzz ada juga Open suse live CD yang dijalankan melalui CD/DVD. Tapi kalo menurut saya enakan memakai open suse live USB saja karena lebih praktis.
Cara menjalankanya tidak sulit kok sobat kita hanya perlu mengubah boot priority pada komputer kita. Boot prioritynya diubah menjadi USB. pada saat komputer booting Kita masuk bios trusssssssss ubah deh boot prioritynya , mudah kan???



Berikut ini adalah keuntungan OpenSUSE live USB:
  • Live USB bisa digunakan untuk menyimpan data, berbeda dengan live CD/DVD (yang yang bersifat read only) perubahan bisa kita lakukan sesuai keinginan kita .
  • Lebih cepat dan mudah untuk diakses karena seperti halnya harddisk dalam komputer kita.
  • Berbeda dengan CD/DVD ROM setiap komputer kan belum pasti punya??? tapi kalo USb setiap komputer pasti punya sobat, bahkan sekarang udah ada Mainboard yang port USBnya lebih dari 4.
  • Dapat dimodifikasi dan dioptimasi sesuai dengan keinginan kita karena USB dapat digunakan untuk menyimpan data.
  • Bersifat Mobile, Jika anda meminjam komputer orang lain atau menggunakan komputer ditempat umum, anda bisa menggunakan komputer tanpa harus khawatir terserang virus dengan menggunakan OpenSUSE LiveUSB sebagai media utama
  • Harga FlashDisk relativ murah, karena dengan FlashDisk 1GB yang harganya nggak nyampe 50rb udah bisa bikin OpenSUSE Live USB dengan sisa kapasitas 300 MB, karena OpenSUSE Live USB hanya memerlukan space 700 MB.

Untuk panduan instalasinya silakan baca aja sendiri di di sini

0 komentar: